Beranda > Informasi Pendidikan > Ujian Semester Menggunakan Ujian Online

Ujian Semester Menggunakan Ujian Online


Merubah sesuatu dari yang konvensional dan sudah terbiasa dilakukan mungkin sepertinya sulit. Namun jika dilakukan dengan rencana yang matang dan keinginan serta komitmen yang berdasarkan kebaikan, pasti hasilnya memuaskan.

Sesuatu yang berbeda yang kami lakukan tahun ini di Program Keahlian Multimedia. Event ini benar-benar tepat menurut saya yakni Ujian Semester 1 pada tahun pelajaran 2009/2010.

Dalam pelaksanaan ujian kali ini, beberapa Mata Pelajaran (utamanya pelajaran produktif) saya terapkan dengan menggunakan Ujian Online.

Beberapa siswa terlihat tidak terbiasa, namun ini hanya awalnya saja. Ternyata yang berubah menurut mereka adalah tata caranya. Yang biasanya harus menunggu lembar jawaban dan soal maka kali ini yang mereka hadapi adalah deretan soal ujian yang diacak pada layar monitor mereka. Hasilnya memuaskan, beberapa anak yang memang mempersiapkan diri ternyata mampu menghasilkan score/nilai yang bagus. Dan yang tidak?? Pasti tidak sebagus rekannya yang sudah belajar.

Nah disinilah konsep sederhana ini dimulai, saya yakin pelaksanaannya tidak ada kendala. Dan itu terbukti benar adanya.

Aplikasi yang digunakan cukup sederhana dan banyak dibicarakan oleh rekan-rekan penggila IT.  MOODLE menjadi salah satu acuan saya.

Ternyata selain itu, kami telah melakukan PENGHEMATAN dalam kegiatan Ujian Semester kali ini. Berikut perinciannya:

  1. Jumlah Siswa = 158
  2. Jumlah Mata Pelajaran yang menggunakan sistem online = 3
  3. Jumlah lembar kertas soal = 3
  4. Jumlah lembar jawaban = 1
  5. Biaya Fotocopy 1 lembar = Rp 200,-

Maka kami telah melakukan penghematan sebesar:
158 x 3 x 4 x Rp 200 = Rp 126.400,-

Dalam hal perangkat, server yang digunakan pun hanya menggunakan komputer tua dengan spesifikasi P4, memori 256 MB

Terima kasih untuk dukungan semua pihak…

  1. 16 Desember 2009 pukul 13:24

    Bagus Juga tuch rif, boleh tahu caranya membuat ujian online dan perangkat apa aja yang harus disiapkan

    • 18 Maret 2010 pukul 09:35

      Thanks pa’de.
      Perangkatnya sederhana saja. PC yang sudah terkoneksi jaringan (intranet saja) kemudian PC yang digunakan sebagai WebServer untuk menaroh aplikasi ujiannya yakni Moodle

  2. 18 Desember 2009 pukul 19:29

    wah mantab pak, boleh gak saya diajarin
    lain itu saya pernah mencoba ulangan lewat sms (biasanya PR) tapi saya masih belum bisa mengatur databasenya
    mohon petunjuk
    http://budies.wordpress.com/2009/09/04/ulangan-harian-dengan-mengirim-sms/

  3. adi
    22 Desember 2009 pukul 20:05

    klo disekolah saya sudah hampir 2 tahun Ujan Online, tetapi saya belum bisa upload soal, klo upload data base sudah bisa apakah anda bisa bantu

    • 18 Maret 2010 pukul 09:37

      Upload soal bisa menggunakan format TXT. Bikin dulu pakai notepad….

  4. 24 Desember 2009 pukul 22:02

    Salam kenal dari saya Abd Majid SMK 6 Jakarta, kami juga punya jurusan Multi media, mungkin dilihat di web kami.
    Saya tertarik dengan system ujian on line pakai moodle
    Kalau seandainya berkenan bisa ngak dikirim bagaimana langkah yang harus dilakukan.
    kami juga sudah buat e-learning sekolah, tapi belum sampai ke pembuatan soal on line.

    sekian dan terima kasih

    • 18 Maret 2010 pukul 09:36

      Pak Abd Majid yang saya hormati.
      Mohon maaf sekali, belum ada kesempatan saya untuk membuat tutorialnya pak.

      Terima kasih atas kunjungannya pak…

  5. sely,SAP
    13 April 2010 pukul 07:52

    saya dari Badan Diklat Salemba Jakarta telah mengembangkan bersama rekan (tim IT) sejak 2009 menggunakan moodle untuk kegiatan online learning.
    Alhamdulillah response cukup baik.

    sekarang pake versi 195, ada kesulitan modif pendaftaran online. untuk yg pertama saya pake versi 15 dan versi 16, tdaik begitu sulit ngoprek modul registrasi nya. karena dominasi html.
    untuk versi 19x dominasi php + js. mohon pencerahannya.

    • 15 April 2010 pukul 19:42

      Dalam pelaksanaan hingga saat ini, saya lebih suka bermain di versi 15..

      Untuk versi yang 19x saya belum sempat oprek-oprek nih….

  6. Budi Santoso
    18 Januari 2011 pukul 08:08

    saya sudah buat untuk aplikasi ujian online, dimana bisa diterapkan pada sistem intranet dengan XAMPP, ato internet langsung, bisa di pakai bersama-sama dengan sekolah lain.

    Gratis mas, guru akan menerima nilai online juga melalui e,mail, so ga koreksi. hihihihihi

    disini website demonya : online.mgmptik.web.id

    • 2 Februari 2011 pukul 16:04

      Thanks share infonya

    • lia
      27 Juli 2011 pukul 12:44

      bisa didownload ga mas? saya mw belajar bikin ujian online buat tgs kuliah

  7. 23 Oktober 2012 pukul 13:54

    mas gimana caranya biar punya moodle,,,, download gratis tau beli… terimakasih

  8. 6 Januari 2013 pukul 14:22

    ijin sharing,,,
    silahkan bergabung di web ujian-online.net, gratis….
    terima kasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

