Beranda > Coretan, Informasi Pendidikan, Internet, Intranet, Kegiatan Pendidikan, Server > SMKBOOK, Jejaring Socialnya SMKN-1 Pangkalan Bun

SMKBOOK, Jejaring Socialnya SMKN-1 Pangkalan Bun


Ide ini tidak datang begitu saja namun karena beberapa hal lainnya. salah satunya adalah karena jumlah siswa SMKN-1 Pangkalan Bun yang cukup besar yakni berkisar 700 siswa dari tingkat X hingga tingkat XII.

Dari keseluruhan siswa tersebut siswa multimedia yang berjumlah 200 siswa dipastikan 90% memiliki Notebook yang selalu mereka bawa untuk menunjang kegiatan belajar mereka secara mandiri.

Dengan kondisi tersebut maka sudah dipastikan pula bahwa jika keseluruh siswa tersebut menggunakan internet “bersamaan” maka akan terasa sekali kecepatan internet menjadi terbebani melebihi dari ketersediaan bandwidth yang ada dari jardiknas yang hanya teralokasi sebesar 512 kbps (yang harusnya 1 mbps). Padahal bandwidth ini pun harus di share bersama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Barat dan sekolah-sekolah lain di Kota Pangkalan Bun.Solusi yang diambil sebenarnya macam-macam, seperti pembatasan bandwidth atau pembatasan jumlah user yang online, namun ternyata hal tersebut malah bukan solusi yang tepat. Imbasnya, saya sendiri pun menjadi kurang bersemangat jika kecepatan internet terasa ‘lelet”.

Setelah dipertimbangkan saya pun memilih untuk mengubah kebiasaan pengguna yang cenderung ke internet menjadi lebih dominan ke Intranet. Muncul lah solusi yakni memperkaya Konten Lokal seperti yang pernah saya tulis sebelumnya.

Pekerjaan ini sebenarnya mudah jika dilihat dari sisi teknis, namun penuh tantangan dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu muncul lah jejaring sosial SMKN-1 Pangkalan Bun sebagai salah satu Layanan terbaru yang ada di intranet dengan harapan semua warga SMKN-1 Pangkalan Bun aktif menggunakannya.

Dengan adanya jejaring sosial ini, yang pada akhirnya saya beri nama SMKBOOK, maka akan ada fitur-fitur yang bersifat edukasi seperti Tutorial atau bahan ajar dari guru, kuis-kuis dan sebagainya.

Mudah-mudahan fasilitas ini mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang kami hadapi dan bisa menjadi barometer bagi dunia pendidikan dalam mengembangkan Teknologi Informasi.

Berikut Screenshotnya:

  1. 4 Agustus 2011 pukul 16:59

    saya mau masuk dong pak . . mau bergabung nih pak . . 🙂 gimana cara nya tu pak ? apa saya harus ke sekolah dulu atau gimana nih pak ?

    • 4 Agustus 2011 pukul 17:32

      Halo yud. Untuk aktifasi bisa menghubungi andi bolang atau andi marul atau saya. Nanti kamu akan mendapat pin aktifasi.

  2. 5 Agustus 2011 pukul 12:32

    saya mau ikut pak. . . tapi gak tau kapan bisa ke sekolah nya pak =_=

    • 11 Agustus 2011 pukul 15:12

      Heheh silahkan kalo ada waktu. yang penting ijin dulu sama atasan di tempat kamu magang

  3. dedypriyambodo
    8 Agustus 2011 pukul 15:04

    Bagus juga rif idenya, tapi mungkin karena kapasitas akses di tempat kamu kecil sehingga mengakibatkan internet lelet banget……………… ( seperti cacing ), saya usulin ke kamu coba kerja sama dengan xl yang menyediakan akses internet gratis 1 mb dengan wifi. di tempatku juga seperti itu. Selamat berjuang bos

    • 11 Agustus 2011 pukul 15:11

      Oke ded. Sebenarnya bukan internetnya yang kita tekankan, tapi lebih kepada penguatan penggunaan intranet agar lebih fokus kepada dunia pendidikan

  4. 8 Agustus 2011 pukul 22:29

    wah… ini intranet ya pak?

  5. 11 Agustus 2011 pukul 18:58

    Assalamualaikum, bapak…
    ini dilla . Saya mau tanya, kemarenkan saya sudah dapat pin nya dari ka andi bolang, tapi pas saya coba akses pake pin itu, tetap ngg mau login ke smkbook . Kira-kira kenapa ya, pak ?

    Terimaksih sebelumya,pak…

    • 12 Agustus 2011 pukul 07:26

      Hallo dilla.
      SMKBOOK bisa dibuka melalui jaringan intranet sekolah maupun dari luar via internet. Hanya saja disarankan kamu melakukan aktifasi dari sekolah saja supaya bisa dipandu. Cukup mudah yang penting kamu hapal Nomor Induk Siswa dan Pin aktifasi yang sudah didapatkan dari Tata Usaha. Dan yang lebih penting lagi, kode Pin nya tepat.

  6. Hendra YF
    18 Oktober 2011 pukul 20:45

    SAYA TERTARIK DENGAN JEJARING SOSIAL INTRANET INI……..BERAPA BESAR BIAYA BUDGET YANG DIBUTUHKAN…DAN APA SAJA PERALATAN YANG DIBUTUHKAN….

  7. 21 Oktober 2011 pukul 19:32

    untuk alumni gak ada ya pak

    mampir ke blog saya pak, sekalian minta sarannya pak🙂

    terima kasih

  8. Hendra YF
    22 Oktober 2011 pukul 08:03

    pak syarif, saya Hendra YF…mohon maaf…saya dari aceh…tertarik dengan SMKBOOK….dan akan saya coba terapkan pada beberapa sekolah SMA…yang saya ingin ketahui…berapa besar budget dan spesifikasi apa saja yang harus dipersiapkan….. bapak bisa juga menjawab melalui sms 081973868676

  9. Ma'ruf
    24 Oktober 2011 pukul 16:26

    Assalamualaikum, bapak…
    punya ma’ruf belum bisa masuk pak… :hammer
    huhuu…padahal pngen banget kya mereka tmn2 yang udah terdaftar…
    apa karena nama saya ada tanda petiknya pak ( ‘ )…
    solusinya donk pak … trima kasih pakk….

  10. 2 Desember 2011 pukul 20:26

    itu jejaringnya dibikin pake apa ya…apakah pakai Elgg atau pake apa..

  11. 6 Desember 2011 pukul 16:57

    Selamat sore pak, maaf. saya siswa SMKN-1 Pangkalan Banteng dan berminat membuat intranet melaui jalur skaone.com/alamat intranet.
    bs kah untuk mengirimkan modul2 ttg intranet?
    dan jk blh jg materi2 multimedia.
    Salam
    SKAOne.com
    “Sharing with writing”

  12. 14 Desember 2011 pukul 09:49

    Ntar dikembangkan sesuai rencana ya pak.. semakin meluas dari SMK.. hihihih…😀

  13. BangGirsang
    3 April 2012 pukul 20:34

    Ide yg mantafs… Salam kenal

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

