Mengoptimalkan Website Sekolah


Website kini bukan menjadi barang aneh, terutama untuk kalangan pendidikan. Website dalam dunia pendidikan menjadi salah satu pendorong yang dahsyat dalam perkembangan dunia pendidikan yang dikawinkan dengan Teknologi Informasi. Banyak manfaat yang dapat diambil dari teknologi website untuk dunia pendidikan. Sayang tidak semua memanfaatkannya dengan optimal.

Dalam tulisan ini saya tidak membahas mengenai teknologi web, saya ingin berbagi pengalaman bagaimana mengoptimalkan website sekolah, karena banyak sekali sekolah yang memiliki website resmi namun tidak dioptimalkan manfaatnya.
Berikut ini tips untuk mengoptimalkan website sekolah:

1. Gunakan seluruh fitur yang ada
Setiap sekolah yang telah memiliki website sekolah bisa memanfaatkan dan memaksimalkan fitur yang disediakan oleh CMS website sekolah tersebut. CMS tersebut bisa saja seperti wordpress, joomla, drupal atau yang lainnya yang dikerjakan oleh pihak ketiga, seperti webSekolah.net yang saya kembangkan. Intinya semua fitur diciptakan dan disediakan untuk keperluan pengguna.

2. Operator sekolah yang berdedikasi
Kunci masalah yang sering terjadi adalah tidak rajinnya operator melakukan update data. Update data sebenarnya tidak harus tiap hari, cukup lakukan update pada kegiatan tertentu saja misal: update berita tentang kegiatan di sekolah, update berita tentang kegiatan osis. Jika dilakukan seperti ini, biasanya operator menjadi lebih sering untuk melakukan pengecekan website sekolah, apalagi respon balik dari pengunjung menjadikan website sekolah lebih ramai, hal ini menciptakan keasyikan bagi operator. Oleh karena itu pihak sekolah perlu menunjuk seorang operator yang berdedikasi.

3. Manfaatkan tenaga sukarela
Yang dimaksud dengan tenaga sukarela adalah memberikan kepada siswa (biasanya anggota osis) untuk memberikan report/laporan tentang suatu kegiatan. Report tersebut tidak perlu panjang, cukup ringan untuk dibaca dan menarik pembaca untuk selalu berkunjung. Sebagai imbalannya cantumkan nama siswa dan kelas pada bagian akhir berita sebagai kontributor.

4. Beri Hak Akses
Jika tenaga sukarela dianggap layak untuk memberikan kontribusi, beri hak akses langsung untuk melakukan update. Misanya hanya untuk input berita saja, seperti fitur pada webSekolah.Net dimana operator bisa memberikan hak akses pada fitur tertentu saja.

5. Integrasi dengan perangkat lain
Pada webSekolah.net sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi untuk mengetahui kehadiran siswa setiap hari, bahkan fitur ini bisa diakses melalui SMS dengan tarif normal.

6. Sosialisasi
Lakukan sosialisasi tanpa henti, misal dengan memberikan selebaran kepada orang tua siswa bahwa website sekolah bisa melakukan pengecekan kehadiran siswa dan bisa juga diakses melalui SMS. Menambahkan alamat domain pada kop surat sekolah, menambahkan nama domain pada setiap spanduk kegiatan sekolah, dsb.

Demikianlah beberapa tips dari saya tentang cara mengoptimalkan website sekolah. Semoga bermanfaat. Wassalam.
 

Jasa Pembuatan Website Sekolah

Jasa SEO dan Pembuatan Website

  1. 25 Januari 2012 pukul 09:41

    Saya pikir kesalahan terbesar adalah tidak adanya manajemen yang baik. Apapun kegiatannya jika tidak dengan manajemen yang baik maka hasilnya pasti kurang baik.

    • 28 Januari 2012 pukul 10:43

      Betul sekali. Awal mulanya pasti manajemen. Terima kasih telah berkunjung

  2. Warsito
    25 Februari 2012 pukul 07:10

    Wah terima kasih atas tipsnya

  3. Sukma
    28 Februari 2012 pukul 16:37

    Harusnya mudah ya pak. Intinya Niat dan Suka untuk mengerjakannya. Salam sukses

  4. Dony
    14 Mei 2012 pukul 07:49

    Wah terima kasih pak atas pencerahannya. semoga para stakeholder bisa memperoleh informasi ini terhadap masing-masing sekolah

  5. 14 Mei 2012 pukul 19:56

    Yup.. bukan barang aneh lagi..
    Guys,please visit my Page, too.. at http://mahmudefendi.wordpress.com

  6. 7 Desember 2012 pukul 17:02

    nice post gan

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: